Rabu, 19 Desember 2012

Hikmah, peduli untuk perubahan



“Kita  harus peduli dengan lingkungan sekitar”, yap, kalimat yang sering terdengar ditelinga saya. Entah sapa yang mengucapkan dan dulu, selalu saya abaikan. tp sekarang saya mulai merenungi kalimat tesebut.  Mungkin ini akibat teguran dari beberapa temen saya, sebab saya  terlupa melakukan piket atau membiarkan cucian menggenang terlalu lama. Dengan agak membentak dan sedikit kasar temen saya "nrocos" karena terganggu dengan perilaku saya, ya.. itu semua memang bener2 lupa, saya tidak sengaja dalam melakukan hal tersebut. Ataupun ingin melakukan cheating dalam perjanjian antar anak kos, tdk ada terbesit dlmm hati saya melakukan hal sperti itu. Tapi dari perilaku ini saya sadar bahwa semua yang kita lakukan entah itu terjadi disengaja maupun tidak disengaja ataupun memang lupa,  sangat berpengaruh bagi orang lain meskipun hal sepele. Pengaruh yang dapat merugikan orang lain ataupun mengganggu orang lain. Paling tidak dalam kejadian ini saya telah mendapatkan banyak hikmah.

#hikmah, teringat perkataan AA. Gym, beliau mengatakan “Perubahan yang mendasar untuk mengubah dunia, ditempuh dengan prinsip 3M, yaitu mulai dari yang terkecil, mulai dari diri sendiri mulai dari sekarang”. Inilah 3prinsip yang harus ditempuh sesorang yang ber”azam” ingin mengubah dunia, bisa jg sebagai rujukan bagi yang ingin disebut aktivis kampus yang terobsesi melakukan perubahan.



  • Mulai dari sendiri
Yap. Mulai dari diri sendiri, ketika kita ingin mengubah dunia, minimal Indonesia, langkah ini yang harus kita tempuh terlebih dahulu, yaitu men-bagus-kan diri sendiri, mulai melakukan perubahan dalam perilaku sehari hari, mulai mempantaskan diri untuk menjadi “agent of change”. Bagaimana mungkin sebagai mahasiswa yang mengusung gerakan anti korupsi, mendemo banyak kementrian korup, menghujat para koruptor, dia sendiri masih telat datang ke kampus, masih suka mencontek, masih suka melanggar aturan lalu lintas. Ini namanya  Gajah dikelopak mata tak kelihatan, semut diseberang lautan terlihat  jelas”. so mulai skg perbaiki diri!!


  • Mulai dari yang terkecil (hal sepele)
Untuk merubah suatu perilaku atau kebiasaan yang buruk pastilah tidak semerta-merta kita langsung mengubah secara keselurauhan dan instan. Penginnya dalam sekekecap. Itu tidak mungkin. Semua pasti butuh proses, semua buuth mekanisme yang teratur dan konstan. Makanya langkah selanjutnya adalah mengubah dari perilaku atau hal yang paling kecil. Karena dari yang paling kecil (sepele) itu lah, perubahan besar dapat tercapai.


  • Mulai dari saat ini
Cukup simple, kita banya rencana , banyak cara, banyak kenginginan  akan tetapi tidak dilakukan sekarang, itu sama saja, dan hasilnya "NOL" , so tidak perlu menunggu cukup lama. Mulailah sekarang. Sebab kedua poin diatas tidak akan berhasil jika point ketiga ini tidak dilakukan

itulah yang hrus kita lakukan, jika ingin melakukan PERUBAHAN, ingat 3M !!! muali dari yang terkecil, mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang.

Semoga bermanfaat,
Follow @zamnuur

2 komentar:

  1. Berbagi Kata Kata Motivasi
    Jangan Pernah Menghitung Kerugian Karena Akan Membuat Kita Malas Untuk Membangun Kembali Usaha Yang Rugi Tersebut. Kerugian Cukup Sebagai Bahan Instropeksi Diri Agar Kita Tidak Jatuh Pada Lubang Yang Sama.moga bermanfaat salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sob, benahi yang terkecil, mulai dari diri kita dan dimulai sekarang.

      Hapus