Minggu, 18 Maret 2012

BBM naik, rakyat melilit

BBM naik ,Rakyat sulit
Kembali, rencana kenaikan BBM menjadi isu paling hot untuk dibicarakan. Hampir semua elemen masyarakat membincangkan rencana kenaikan BBM yang kesekian kali ini, perlu kita ketahui kenaikan BBM adalah sesuatu yang “biasa” dan terjadi terus menerus siapapun presidennya. Pada saat Presiden Sukarno memimpin terjadi 12 kali kenaikan BBM, saat Suharto memimpin terjadi 18 kali kenaikan BBM, saat Pak Habibi mengepalai Negara ini terjadi 1 kali kenaikan, pada saat Gus Dur menjadi khodim Negara ini terjadi 1kali kenaikan, ketika Ibu Megawati menggantikan Gus Dur terjadi 2 kali kenaikan, dan ketika sekarang Pak Sby menjabat terjadi 3 kali kenaikan. Lantas apa yang menyebabkan kenaikan BBM? Biasanya kenaikan BBM disebabkan karena harga minyak dunia naik, seperti sekarang ini harga minyak dunia yang ditetapkan sebelumnya adalah US$90per barel menjadi US$115 per barel, kenaikan yang cukup tinggi yang menjadi alasan pemerintah untuk menaikan harga BBM karena tidak kuatnya pemerintah mensubsidi kenaikan dari harga minyak tadi.

Sebelumnya dana APBN yang diberikan pemerintah untuk subsidi adalah 200T sedangkan APBN sendiri ada 1200T, subsidi 1/6 dari APBN, cukup memboroskan memang jika pemerintah harus menambah subsidi untuk kenaikan BBM, apalagi jika harus mencomot dan meng-cut beberapa rencana anggaran di bidang yang lain seperti pembangunan infrastruktur, dan bisa kita lihat sebagian besar yang menikmati subsidi BBM adalah masyarakat menengah bukan masyarakat miskin. oleh karena itu dibutuhkan kesadaran yang penuh bagi rakyat Indonesia untuk menerima kebijakan keaikan harga BBM ini.

Lalu apakah ada dampaknya?

Pastilah segala sesuatu kebijakan memiliki dampak, bisa dampak positif bisa dampak negative ataupun keduanya. Jika terjadi kenaikan BBM ini maka akan mempengaruhi kenaikan barang lain di negeri ini seperti kenaikan bahan baku, bahan pokok, dan barang-barang yang lainya sehingga rakyat akan membeli barang dengan lebih mahal dari sebelumnya, apalagi di Indonesia ini masih banyak orang miskin yang mereka akan lebih sulit untuk menikmati hidup di dunia ini. Kemuadian inflasi, yaitu turunya nilai mata uang Indonesia, walaupun menurut BI, inflasi yang diprediksi nantinya kecil tapi cukup untuk menjatuhkan nilai uang Indonesia sehingga semakin kurang berharganya tabungan atau investasi kita.

Apa usaha pemerintah untuk menanggulangi dampak kenaikan BBM?

Berdasarkan beberapa Koran yang saya baca, pemerintah akan memberikan sejumlah uang kepada masyarakat miskin di Indonesia, sehingga mereka tertolong atau sebagai pengganti dari kenaikan harga BBM tersebut. Bisa kita sebut BLT walaupun namanya *lupa, yang tidak bisa kita pungkiri ini memang salah satu bentuk kepedulian pemerintah untuk menyelamatkan rakyat miskin dari dampak kenaikan BBM.

Komentar saya:

Menurut saya kenaikan BBM memang perlu kita lakukan mengingat APBN kita hanya 1200T sedangkan subsidi BBM adalah 200T, memang cukup memboroskan jika terjadi penambahan subsidi lagi, yang mana dana tersebut bisa kita alokasikan ke bidang lain seperti pembangunan infrastruktur yang lebih mumpuni dan merata. Akan tetapi kenaikan BBM bukanlah solusi final dalam menyelesaikan masalah ini, pemerintah harus instropeksi diri dan bisa meng-cut atau menghemat anggaran yang dikeluarkan untuk hal-hal yang kurang perlu misalnya seperti penambahan kesejahteraan pejabat yang seharusnya pejabat itu malu jika mereka minta kenaikan gaji sedangkan masih banyak rakyat miskin di Indonesia. Jalan-jalan anggota DPR ataupun pemerintah ke luar negeri , menurut saya harus ada efektifitas, efisiensi dan ekonomisasi dalam mengatur penganggaran ini agar mereka tidak semena-mena menggunakan uang negara. Perekrutan PNS yang semena-mena dilakukan oleh pemerintah pusat atau daerah yang banyak menelan anggaran APBN/D bahkan ada 70% APBD untuk gaji PNS, harus segera dibuatkan standarisasi dan pengefektifan, pengfisienan, serta pengekonomisan anggaran dan mutu dari kinerja PNS tersebut, seperti jika pekerjaan ini cukup diselesaikan satu pegawai kenapa harus ada 3 pegawai yang menyelesaikan. Pembangunan dan pemborosan yang tidak perlu seperti rencana pembangunan gedung DPR yang baru kemarin yang seharusnya mereka sadar diri kalau mereka adalah wakil rakyat. Dan jika semua pejabat yang terhormat di negeri ini mulai dari DPR daerah maupun pusat, pemerintah daerah maupun pusat dari Sabang sampai Merauke rela dan ikhlas mau dipotong tunjangan dan gajinya maka insya Allah semua kekurangan ataupun pembiayaan untuk meredam kenaikan minyak dunia akan tertutup tanpa adanya kenaikan harga BBM di negeri ini,

Yang terakhir, menurut saya salah satu bentuk kepedulian pemerintah melalui BLT adalah cara yang kurang tepat karena mengajarkan rakyat untuk berperilaku konsumtif bukan produktif dan merupakan taktik pemerintah untuk mencari muka pada rakyat kecil, bisa kita bilang itu merupakan salah satu bentuk suap kecil kepada rakyat agar memuluskannya di pemilu 2014 dan sudah terbukti dari pengalaman sebelumnya pendistribusian BLT ini riskan dengan tangan-tangan jahil menggerogoti uang rakyat(korupsi).

Lamunan malam ini (CMIIW)

Liilzam Nuur

2 komentar:

  1. BMM NAIK RAKYAT HARUS MENGERTI BAGAIMANA CARANYA AGAR MEREKA DAPAT PENGHASILAN DARI MATAPENCAHIAN YANG LEBIH AGAR NEGARA INDONESIA INI MAJU TIDAK HANYA BERKEMBANG

    BalasHapus
  2. The 13 Best Casinos Near Atlanta, GA - MapYRO
    Atlanta (AKA Hotel). 2. 2. 2. 1. 3. 6. 9. 1. 9. 2. 1. 춘천 출장샵 3. 2. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 계룡 출장샵 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 창원 출장샵 9. 1. 9. 계룡 출장마사지 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 9. 1. 나주 출장샵 9. 1. 9. 1. 9. 1.

    BalasHapus